Jumat, 10 Oktober 2014

Finding The Main Idea (Menemukan Pokok Pikiran / Gagasan Utama)



Gagasan utama juga disebut gagasan pokok, atau ide pokok. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf, maka dalam satu paragraf hanya ada satu gagasan utama. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama.
             Sebuah paragraf tersusun atas kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama juga sering disebut sebagai  kalimat topik. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas.
            Kalimat utama dapat  terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan akhir paragraf, atau di awal sampai akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal sampai akhir paragraf sebenarnya tidak mempunyai istilah yang khusus, namun biasanya kalimat utama akan berada di awal sampai akhir paragraf jika paragraf tersebut berupa narasi atau deskripsi. Paragraf narasi adalah paragraf yang berisi cerita. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu sehingga pembaca seolah-olah dapat ikut menyaksikan sesuatu yang digambarkan itu.
            Bagaimana kita dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam sebuah paragraf?
            Yang harus kita lakukan adalah membaca paragraf tersebut dengan cermat, dengan demikian kita dapat menentukan manakah di antara kalimat-kalimat yang ada, yang memiliki ciri-ciri kalimat utama.
·      Ciri-ciri kalimat utama yaitu :
            1. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut
            2. Biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri
            3. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
            4. Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau transisi

·         Strategi dan Tips dalam Menentukan Gagasan Utama dalam Paragraf
            Kalimat utama dalam satu paragraf selalu terletak di awal atau di akhir paragraf, kecuali pada paragraf deskripsi. Pada paragraf deskripsi, kalimat utama dapat berada di tengah paragraf.

·         Subjek vs. Gagasan Utama
                        Subjek adalah pokok bahasan dari sebuah bacaan (tentang siapa atau apa yang ada pada bacaan). Sedangkan gagasan utama biasanya adalah penekanan tentang subyek itu sendiri. Gagasan utama harus mengatakan sesutau tentang subyek. Tidak jarang kita menganggap subyek sebagai gagasan pokok padahal mereka sangat berbeda. Gagasan utama dari sebuah bacaan adalah sebuh penekanan tentang subyeknya, tapi itu adalah sesuatu yang lebih: itu adalah gagasan yang juga mengontrol bacaan itu sendiri. Kalimat – kalimat lain dan gagasan – gagasan di bacaan tersebut semuanya akan berhubungan dengan gagasan utama dan berfungsi sebagai “bukti” bahwa penekanan terhadap subyek tadi adalah benar.
·         Kalimat Topik
            Gagasan atau pendapat dapat dikemukakan secara lisan dan tertulis. Pada prinsipnya penyampaian gagasan atau pendapat secara lisan dan tulis hampir tidak berbeda. Dalam mengemukakan pendapat diperlukan rumusan ide pokok yang jelas dan ide pendukung yang memadai. Mengemukakan pendapat secara tertulis dalam bentuk paragraf-paragraf perlu menggunakan cara pengaturan ide pokok dan ide pendukung yang baik.
            Di banyak kasus, kalimat topik ada pada awal paragraf. Kita juga akan sering menemukan kalimat topik yang berada pada akhir paragraf. Kalimat topik pada bagian tengah paragraf akan sangat jarang kita temukan. Apapun kasusnya, kalimat topik adalah penekanan, dan itu butuh “bukti.” Bukti ditemukan pada fakta – fakta dan gagasan yang menyusun sisa dari kutipan tersebut.
                                    Pembaca menentukan fakta – fakta tidak hanya untuk kepentingan sendiri tapi juga untuk menemukan kenapa sang penulis menulis: Apa gagasan utamanya? Fungsi dari gagasan utama adalah sebagai pokok, patokan atau dasar acuan suatu paragraf. Kita dapat menemukan gagasan utama di awal paragraf, akhir paragraf, atau di tengah paragraf.

NB: Tugas Reading Comprehension
Sumber:  Reading_Comprehension_Success_3rd_Edition%5B1%5D.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar