Jumat, 10 Oktober 2014

Cause and Effect (Sebab dan Akibat)



·      Sebab vs Akibat
       Sebab Akibat adalah serangkaian terus menerus tindakan yang rasional mengikuti dari satu tindakan yang lain. Hampir semua keadaan dalam hidup kita telah berada di bawah dua pengertian. Mereka tak terpisahkan, artinya, ketika ada penyebab akan ada akibat dan sebaliknya.

*    Sebab
Penyebab adalah segala sesuatu yang membuat suatu peristiwa atau hal lain terjadi. Ini biasanya yang pertama terjadi. Dalam setiap peristiwa tertentu atau situasi, kita dapat menemukan atau mencari tahu penyebabnya dengan mengajukan pertanyaan mengapa hal itu terjadi? bagaimana itu terwujud? Dan pada saat kemalangan, orang mungkin akan mengajukan pertanyaan yang sama.

*    Akibat
Akibat adalah setelah efek atau hasil dari penyebab. Hal ini merupakan apa yang terjadi selanjutnya. Akibat tidak mungkin muncul tanpa kemungkinan penyebab. Itu selalu dan akan. Menanyakan apa yang terjadi adalah pertanyaan umum yang harus kita lakukan agar kita tahu apa akibatnya. Meskipun akibat datang terakhir sebelum penyebab, tetapi akibat adalah hal pertama yang bisa diperhatikan.

·      Perbedaan antara ‘sebab dan akibat’
       Kita dapat tiba disuatu penyebab dengan mengajukan pertanyaan terkait seperti "mengapa" dan "bagaimana" hal atau peristiwa yang terjadi sedangkan untuk sampai pada akibat dari peristiwa tertentu, kita hanya dapat menggunakan pertanyaan "apa yang terjadi". Contoh yang sangat khas dari yang satu ini adalah pertanyaan mengapa langit berwarna biru? Hal ini karena molekul-molekul udara yang menyebar cahaya biru lebih dari cahaya yang dipancarkan dari matahari. Penyebabnya adalah yang terakhir dan akibat adalah pertama.
       Disaat kesulitan, orang umumnya berkutat pada penyebabnya dan menyesali itu yang kurang lebih tidak dianjurkan Psikolog. Harus fokus pada pengaruh dan bagaimana menyembuhkan atau memperbaiki dan meninggalkan masa lalu.

·      Hubungan Sebab-Akibat
             Hubungan sebab akibat dimulai dari beberapa fakta yang kita ketahui.Dengan menghubungkan fakta yang satu dengan fakta yang lain, dapatlah kita sampai kepada kesimpulan yang menjadi sebab dari fakta itu atau dapat juga kita sampai kepada akibat fakta itu.Penalaran induksi sebab akibat dibedakan menjadi 3 macam:

            1. Hubungan sebab-akibat
                 Dalam hubungan ini dikemukakan terlebih dahulu hal-hal yang menjadisebab, kemudian ditarik kesimpulan yang berupa akibat.
                      Contoh penalaran hubungan sebab akibat:
 Belajar menurut pandangan tradisional adalah usaha untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. “Pengetahuan”  mendapat tekanan yang  penting, oleh sebab pengetahuan memegang peranan utama dalamkehidupan manusia. Pengetahuan adalah kekuasaan. Siapa yang memiliki pengetahuan, ia mendapat kekuasaan.

             2. Hubungan akibat-sebab
                 Dalam hubungan ini dikemukakan terlebih dahulu hal-hal yang menjadiakibat, selanjutnya ditarik kesimpulan yang merupakan penyebabnya.
                      Contoh penalaran hubungan akibat sebab:
Dewasa ini kenakalan remaja sudah menjurus ke tingkat kriminal. Remajatidak hanya terlibat dalam perkelahian-perkelahian biasa, tetapi sudahberani menggunakan senjata tajam. Remaja yang telah kecanduan obat-obat terlarang tidak segan-segan merampok bahkan membunuh. Hal inidisebabkan kurangnya perhatian dari orang tua, pengaruh televisi dan film yang cukup besar.

            3. Hubungan sebab-akibat 1-akibat 2              
                 Suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertamamenjadi sebab hingga menimbulkan akibat kedua. Akibat kedua menjadisebab yang menimbulkan akibat ketiga, dan seterusnya.
                      Contoh penalaran hubungan sebab-akibat 1-akibat 2:
Setiap menjelang lebaran arus mudik sangat ramai. Seminggu sebelumlebaran jalanan sudah dipenuhi kendaraan-kendaraan umum maupun pribadi yang mengangkut penumpang yang akan pulang ke daerahnyamasing-masing. Banyaknya kendaraan tersebut mau tidak maumengakibatkan arus lalu lintas menjadi semrawut. Kesemrawutan ini tidak  jarang sering menimbulkan kemacetan di mana-mana. Lebih dari itubahkan tidak mustahil kecelakaan menjadi sering terjadi. Keadaan tersebut  pada akhirnya akan menghambat perjalanan.


·      Singkatnya:

Penyebab adalah hal pertama yang terjadi dalam sebuah acara sedangkan
akibatadalah hal terakhir yang terjadi.
Penyebab dapat mengetahui dengan mengajukan pertanyaanbagaimana hal ituterjadi danmengapa hal itu terjadi, sedangkan akibat dengan mengajukanpertanyaan seperti ‘apa yang terjadi’.

    
NB: Tugas Reading Comprehension
Sumber: Google 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar