Jumat, 10 Oktober 2014

Defining Vocabulary in Context (Menemukan Kosakata Sulit Disebuah Konteks)



                  Konteks adalah sebuah gagasan yang digunakan dalam ilmu bahasa (linguistik, sosiolinguistik, linguistik fungsional sistemik, analisis wacana, pragmatik, semiotika, dll)
            Ketika kita sedang membaca atau mendengarkan percakapan, terkadang kita bertemu dengan kata-kata yang sulit untuk kita mengerti.  Ketika kita tidak mengetahui arti dari sebuah kata dan tidak ada awalan, akhiran dan akar dari kata yang dapat membantu kita untuk mengetahui apa arti dan makna dari kata tersebut, maka carilah petunjuk kontekstual dari kata tersebut.
                Petunjuk konteks adalah kata dan frasa dalam kalimat yang membantu anda untuk mencari sebuah makna dari sebuah kata asing. Sering kali anda dapat mengetahui arti dari kosa kata baru atau asing dengan memperhatikan bahasa sekitarnya. Tabel di bawah ini memberikan tipe-tipe kontekstual dan contoh masing-masing.
           
Tipe Kontekstual
Contoh
Antonim
Tinggi >< Rendah
Pintar >< Bodoh
Rajin >< Malas
Definisi Langsung
Penjilat : Orang Yang Pengkhianat
Arti Yang Tersirat
Teman Hidup : Pasangan Hidup
Sinonim
Pintar >< Pandai

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat kita gunakan dalam belajar:
  • Ketika kita mencari sebuah petunjuk untuk arti sebuah kata dalam konteks, dari table diatas, dibawah ini akan dijelaskan definisi dari tipe-tipe kontekstual diatas.:
·      Definisi langsung, terkadang ketika kalimat yang unik atau tidak biasa digunakan dalam sebuah teks,  definisi dari kata tersebut biasanya berada di sekitar kata tersebut.  Cobalah untuk mengerti definisi kata tersebut dan gunakan pada kalimatnya berdasarkan konteks dari teks.
·      Parafrase atau Sinonim, Carilah kemungkinan kalimat lain atau cara lain dalam menyampaikan kata tersebut dengan cara yang berbeda tapi dengan tujuan yang sama dan arti yang sama pula.
·      Arti yang tersirat, Sering kali petunjuk langsung tidak diberikan dalam teks, akan tetapi terkadang dalam bentuk petunjuk dan tersirat.  dalam kasus ini, cobalah untuk berpikir tentang konteks kalimat dan cobalah untuk menebak kira-kira arti dari kata yang bersangkutan.  Bahkan jika kita tidak bisa mengetahui dengan pasti arti dari kata tersebut, kita seharusnya dapat mengetahui ide umum dari apa pengertian dari kata tersebut.
·      Antonim, Kata-kata yang menunjukkan kata-kata yang sebaliknya (berlawanan).

·           Tandanya :
·      Definisi langsung, meski kalimat itu unik atau tidak biasa digunakan dalam sebuah teks, tetapi seorang  penulis bisa mengatakan atau mengartikannnya dengan cara lain, yang biasanya lebih mudah untuk memahami.
·      Parafrase atau Sinonim, Seorang penulis kadang-kadang menggunakan sinonim konteks untuk membantu terhadap kata-kata sukar. Sinonim ini ditandai dengan  satu atau dua kata yang berarti hampir sama dengan salah satu kata lagi.
·      Arti yang tersirat, Hal ini ditandai dengan, ketika seorang penulis menggunakan rincian sebagai petunjuk konteks ketika mereka memberi kita penjelasan atau contoh sebagai petunjuk tentang sesuatu bahwa mereka ingin kita mencari tahu dan mengira-ngira sesuatu yang tersirat di dalam kata tersebut.
·      Antonim, Hal ini ditandai dengan, ketika seorang penulis menggunakan antonym konteks petunjuk ketika mereka menggunakan kata dengan makna yang berlawanan untuk memberikan petunjuk tentang kabar bahwa mereka tidak berpikir kita akan tahu.

·         Setiap kali kita membaca, belajarlah untuk mencari petunjuk kontekstual. Hal ini akan membantu anda belajar untuk berpikir tentang apa yang sedang anda baca, dan juga akan melatih anda untuk berpikir dan menebak arti dan makna dari kata-kata yang sulit.
           
·         Koteks dari sebuah kata adalah setting atau latar belakang dari sebuah kata, atau di mana kita mendengarkan kata tersebut dalam percakapan dengan tema tertentu atau kah di mana kita melihat kata tersebut dalam tema tulisan tertentu.  Mendengarkan atau melihat kata dalam konteks adalah salah satu cara untuk kita belajar meningkatkan perbendaharaan kata kita atau membaca dengan pengertian yang baik terhadap suatu bacaan. 

NB: Tugas Reading Comprehension
Sumber: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar